Lembang Park and Zoo, Wisata Edukasi Keluarga Baru yang Modern dan Menghibur

Baru November 2019 kemarin muncul tempat wisata keluarga termutakhir di Lembang, ehhh… cuma dalam hitungan satu bulan, hadir lagi tempat main dan wisata baru buat keluarga, yaitu Lembang Park and Zoo. Mmhh.. langsung deh kami sekeluarga bikin rencana explore tempat ke Lembang Park and Zoo walaupun akhirnya baru bisa datang di bulan Februari lalu..

LPZ 2

Konsep wisatanya sebetulnya tidak asing, tapi kondisi lapangannya sudah dibuat kreatif dan up to date, yaitu modern zoo and amusement park. Jadi, selain diajak mempelajari dan mengamati satwa-satwa di tengah suasana sejuk dan segarnya hawa Lembang, seluruh anggota keluarga juga bisa menikmati banyak permainan. Beberapa permainannya seperti playground, carnaval games, permainan ketangkasan, bahkan yang terakhir juga bakalan ada waterpark (awal Maret 2020 ini sudah mulai beroperasi).

Lokasi Lembang Park and Zoo dan Lahan Parkir

Lokasi Lembang Park and Zoo ada di Jl. Kolonel Masturi. Ingat ya Guys, bukan di jalan raya utama Lembang, tapi lebih dekat ke arah Cihideung, nggak jauh dari Vihara Vipassana Graha. Jalan menuju ke Lembang Park and Zoo lebih cepat dan lancar jika melalui Jl. Sersan Bajuri, lalu Cihideung, dan menyusur sedikit Jl. Kolonel Masturi ke arah timur. Dari sisi jalan akan langsung terlihat plang besar bertuliskan Lembang Park and Zoo.

05sw

Alternatif jalan lain bisa melewati Jl. Raya Lembang. Jalannya memang lebih lebar dan mulus, tapi ada resiko terkena macet di beberapa spot wisata, seperti di The Great Asia Afrika dan Farmhouse. Rute perjalanan juga sedikit memutar karena dari arah Lembang kita harus berbelok ke arah barat masuk ke Jl. Kolonel Masturi dan masuk lagi cukup jauh sekitar +5km dengan jalan berliku dan naik-turun.

map
Link lokasi : https://goo.gl/maps/MjjdB33eD1UVx4sv5

Baca juga : The Great Asia Afrika,
Wisata Keluarga Tematik di Lembang, Bandung

Kami tiba di Lembang Park and Zoo yang area masuknya sangat lebar dan leluasa. Jalannya ber-paving block, lalu sedikit menurun jalannya sejauh 50 meter, kami melewati gerbang masuk parkiran. Tiket parkir yang harus dibayar seharga 10K untuk mobil, dan 5K untuk motor. Tarifnya berlaku seharian yah, murah khan.. Area parkir yang disediakan sangat luas, nggak bakalan nggak kebagian parkir deh..

Harga Tiket Masuk dan Permainan

Tiket masuk Lembang Park and Zoo waktu kami berkunjung di bulan Februari 2020 adalah 40K/orang (dewasa & anak sama harganya untuk weekend; anak di bawah 3 tahun free). Sementara untuk weekday dipatok harga 35K/orang. Ini harga tiket soft opening yahh.. saat nanti Grand Opening, harga tiket akan berubah lagi. Makanya buruan ke Lembang Park and Zoo, mumpung masih promo. Waktu itu kami juga dapat bonus tiket wahana permainan. Masing-masing orang bonus satu tiket dengan jenis permainan yang berbeda. Lumayan sih, mengingat di dalam kebanyakan wahana permainannya berbayar.

Tiket wahana permainan dijual dengan harga mulai 20K per sekali main. Permainannya seperti mini ferris wheel, trampolin, sepeda air, dan banyak lagi. Untuk area outdoor playground-nya tiketnya hanya 30K/anak dan bisa main sepuasnya. Orangtua juga bisa menemani selama anak main dengan tidak dikenakan biaya.

Sementara untuk wahana yang semi tertutup tersedia seperti carousel, rodeo ride, mobil goyang, dan banyak permainan ketangkasan berhadiah. Seperti di pasar malam gitu lhoo… Indoor playground juga ada, yaitu balloon playground yang tentu asyik karena ada efek mantulnya, hahahaā€¦

Oh iya, tiket gelang yang dibeli, jangan sampai rusak atau bahkan hilang yah.. Saat nanti kita pulang, tiket gelang ini bisa ditukar dengan satu buah goddie bag berisi kudapan ringan dan permen yang pasti disukai anak-anak.

Karena area Lembang Park and Zoo ini lumayan luas dan pastinya bikin kaki pegel, disediakan juga sarana e-scooter dan mobil hiace semi terbuka. E-scooter kecil untuk satu penumpang dewasa dan satu anak bisa disewa dengan harga 75K / jam. Sementara e-scooter besar yang muat untuk dua orang dewasa dan satu anak harga sewanya 120K / jam. Sementara untuk mobi keliling Hiace tidak dikenakan biaya. Jalurnya setahu kami mulai dari lapangan parkir berkeliling di area dalam Lembang Park and Zoo.

Aneka Koleksi Satwa Lembang Park and Zoo

Kalo di wahana permainan kalian harus membayar lagi, maka di sebagian besar area kebun binatang, bebas jelajah dan tidak berbayar. Semua sudah include ke dalam tiket masuk Lembang Park and Zoo. Kami perhatikan, cuma ada satu area burung berkandang besar (bird aviary) yang harus beli tiket ekstra. Itu juga cuma 20K/orang dan bisa ditukar makanan burung serta pengunjung bebas berfoto ria bareng burung-burung unik yang jadi koleksi.

Area koleksi hewannya paling banyak memang menampilkan burung dan unggas. Tapi koleksinya sangat beragam dan teman-teman bisa merasakannya berinteraksi langsung dengan binatang-binatang tersebut sambil memberi makanan. Seperti di kandang kecil area burung, Karen dan Keith bisa dengan bebasnya memberi makan beberapa love bird dan burung nuri (kalo nggak salah nama dan jenis šŸ˜šŸ˜šŸ˜)ā€¦

Di area unggas juga nggak kalah seru. Teman-teman pasti tertarik dengan berbagai jenis bebek dan angsa yang punya keunikan warna bulu, bentuk, dan suara. Kalian bisa mendekati mereka dalam jarak beberapa meter saja karena disediakan banyak dermaga. Beberapa jenis unggas bahkan tidak takut dengan manusia. Karen dan Keith tentu senang bisa lihat tingkah laku unggas-unggas ini, bagaimana mereka makan, berenang, serta tentu mendengar suaranya yang unik.

Selain itu, masih ada area hewan reptil, primata, dan hewan-hewan koleksi untuk ternak. Menurut info ada sekitar 350 jenis binatang dan semuanya dirawat dengan sertifikasi izin sebagai konservasi satwa.

Resto-resto Instagramable dan Sajian Unik

Ada beberapa resto unik yang mengangkat tema khusus di Lembang Park and Zoo. Salah satunya Neko Cat CafƩ. Resto penuh dengan mural bertema kucing. Yang unik, di satu ruangan dipakai khusus untuk kucing. Ada sekitar +50 kucing lokal dan ras yang bisa kalian ajak bermain. Untuk masuk ruangan ini dikenakan tiket sebesar 40K/orang selama weekend (jika weekday cukup 30K) selama 1 jam.

Karen dan Keith yang suka kucing tentu semangat masuk ke dalam. Sebelum masuk pengunjung harus berganti sepatu dengan sandal bersih yang telah disediakan. Pengunjung juga wajib menggunakan hand sanitizer untuk kebersihan dan kesehatan semua kucing.

Sementara menunggu anak-anak bermain kucing, pengunjung bisa menikmati suasana cafe sambil berfoto ria dan menikmati makanan/minuman.

Resto lain yang unik adalah Tiger Resto yang menampilkan sajian aneka sate, bakso, pentol, dan lain-lain. Di sini teman-teman bisa menikmati sajian makanan sambil melihat langsung ke kadang macan dan singa. Kedua hewan pemangsa ini ditempatkan di dalam aquarium kaca besar yang tentu aman buat para pengunjung.

54sw

Kami sendiri memilih lunch di foodcourt. Posisi restonya ada di bagian belakang Lembang Park and Zoo, tapi kami pikir selain harganya lebih ekonomis, posisinya juga dekat dengan panggung animal show. Sambil nunggu jam pertunjukan teman-teman bisa menikmati santap siang/sore.

Kami memesan empat menu, pempek campur, nasi uduk, mie hotplate, dan sup zupa. Harganya cukup bersahabat antara 20K sampai 30K. Pembayaran dilakukan di kasir utama bisa menggunakan debit card jika kalian tidak membawa uang cash.

Karen dan Keith tertarik juga dengan penganan manis untuk anak-anak, yaitu cotton candy. Mereka request character yang berbentuk bebek. Lucu yaa.. Dengan harga 35K bisa dinikmati bareng… šŸ˜„

Education and Animal Show

Buat teman-teman yang mengajak putra-putrinya bermain di Lembang Park and Zoo, jangan lewatkan untuk menonton education and animal show. Jam pertunjukan show-nya setiap weekend, yaitu di hari Sabtu jam 14.30, sementara hari Minggu ada dua kali pertunjukan, jam 11.00 dan 14.30.

42sw

Lokasi pertunjukannya ada di amphitheater yang berada di sebelah foodcourt. Kalian bisa menikmati show sambil makan-makan juga bisa. Asyik kan..

Pertunjukan ini selain menampilkan beberapa ketangkasan burung elang juga memberikan edukasi mengenai beberapa satwa unik yang dimiliki Lembang Park and Zoo. Salah satunya kangguru pohon yang ternyata berasal dari Papua. Kangguru ternyata nggak cuma ada di Australia, Indonesia juga punya, dan kangguru ini bisa memanjat pohon. Atau binturong Sumatra yang bentuknya mirip beruang padahal sebetulnya musang. Selain itu ada ular sanca batik, juga beberapa jenis burung lainnya seperti burung macauw, elang leher putih, dan lain-lain.

Yang nggak kalah menarik di akhir pertunjukan, pengunjung diajak naik ke panggung untuk berfoto bersama beberapa hewan. Seperti James yang berfoto bersama elang atau Karen dan Keith bersama kangguru pohon.

Akhir Kata

Lembang Park and Zoo adalah salah satu pilihan eduwisata untuk keluarga yang tepat. Selain anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia satwa, mereka juga bisa bermain dan terhibur dengan pertunjukan serta wahana-wahana yang disediakan. Harga tiket Lembang Park and Zoo juga tidak terlalu mahal mengingat kelengkapan, luas area, dan fasilitas-fasilitas modern yang disediakan. Karena itu, jangan ragu untuk berkunjung ke Lembang Park and Zoo selama liburan kalian ke Lembang atau Bandung.

Alamat lengkap:

Lembang Park and Zoo
Jl. Kolonel Masturi No. 171
Lembang

Jam buka:
Weekday 09.00 ā€“ 17.00
Weekend 08.00 ā€“ 18.00

 

123 comments

  1. Keren deh reviewnya. Super komplit dan bermanfaat. Thanks ya. Harga promonya sampai kapan Ci? Kangen Bandung :). Punya dua destinasi baru sekarang : Great asia Africa dan Lembang Park & Zoo. Semoga bisa segera kesampaian šŸ™‚
    IG : @st0rm_78

    Like

      • Wah tempatnya bener” indah bersih dan bagus bgt bgt.. mudah”an bisa stay ke bandungšŸ™ rezky anak dan suamišŸ˜Š anak saya pasti seneng pake bgt ini dia ngeliat binatang dan bermain” dilingkungan indah seperti itu apalagi suami seneng binatang dan anak saya apalagi penyayang binatang uuhšŸ„° seharian aja ga cukup nihšŸ˜‚ bandung juga tempatnya sejuk dan nyaman.. pasti seneng bgt keluarga kami bisa stay ke bandung ihh šŸ˜…šŸ™ semoga kita kesana yak aminšŸ™ bismillahšŸ˜‡šŸ˜Š

        Liked by 1 person

      • Aku kalau liat review apapun yg dilakuin sm family, berasa bahagia lihatnya. Karena akupun punya keluarga yg sama suka traveling, tp males bgt bikin review. Reviewnya bagus banget, kata katanya dinamis. Kalau tempatnya jgn ditanya lagi, berhubung kita org Bdg, jd Alhamdulillah sudah kesana, dan bagus banget dr pd harus ke Bonbin yg lain. Sehat sehat Koko sekeluarga, biar bs bikin review sebanyak mungkin.

        Ig: miss_karin88

        Liked by 1 person

      • Wah sesama urang Bandung nih.. šŸ‘šŸ¼šŸ˜Š

        Makasih kak mau berkunjung dan buat apresiasinya.. semangat travelling ya kak, tp nanti 14 hari lg šŸ˜„šŸ˜„

        Like

  2. Wah mantapp bangett ko riviewnyaa,, ,šŸ‘Œ ngomong2 kalo untuk ajak anak umur 3tahun,mending ke lembang park zoo,apa ke bandung zoo ya??

    Liked by 1 person

  3. Keren banget review nya super komplit . Seru ya bisa ajak keluarah wisata edukasi ke lembang park zoo .. btw sampe kapan Koh tiket promo nya ?

    Ig : niwayan_tami

    Liked by 1 person

  4. awesome recommmend place to visit!!! selalu jadi inspirasi saya dan keluarga jalan2 keluar kota. Tempat2 nya unik2 dan ngga mengecewakan kalau Jkldiary.life yang review. Success always šŸ™šŸ˜Š

    Liked by 1 person

  5. Kereennn.. tempatnya bagus banget .. family bangettt … Cocok nih buat bawa keluarga, atau temen bua foto foto bagusss šŸ‘šŸ‘šŸ‘ tiket murah lagi hahha @algilindasari

    Liked by 1 person

  6. Wah benar2 super,tempat ini sangat2 penting terutama untuk anak dan keluarga,mengajarkan tentang edukasi dan semakin dekat dengan hewan dan lebih serunya tempat ini bersih dan rapi,,wow,,ini yang bikin betah,,,InsyaAllah kami akan kesana bersama keluarga,,

    Liked by 1 person

      • Wah tempatnya bener” indah bersih dan bagus bgt bgt.. mudah”an bisa stay ke bandungšŸ™ rezky anak dan suamišŸ˜Š anak saya pasti seneng pake bgt ini dia ngeliat binatang dan bermain” dilingkungan indah seperti itu apalagi suami seneng binatang dan anak saya apalagi penyayang binatang uuhšŸ„° seharian aja ga cukup nihšŸ˜‚ bandung juga tempatnya sejuk dan nyaman.. pasti seneng bgt keluarga kami bisa stay ke bandung ihh šŸ˜…šŸ™ semoga kita kesana yak aminšŸ™ bismillahšŸ˜‡šŸ˜Š

        Like

  7. Bandung emng juara tempat wisata deh.
    Makin banyak objek wisata buat ajak keluarga liburan…
    Ayo semuanya, jangan cuma diem dirumah saja, Indonesia itu luas, Bandung itu Juara, yuk liburan di Bandung, gaes!!!

    IG : @atendisopiyan

    Liked by 1 person

  8. Keren banget reviewnya,lengkap banget pula šŸ‘šŸ˜. Sebenernya dalam waktu dekat ini pengen ajakkin anak ku pergi ke lembang park and zoo ini. Tapi karena issue virus ini jadi sepertinya di undur. Padahal pengen banget. Pasti anak ku seneng banget kasih makan binatang,dll dengan segala aktivitas yang tersedia di sana.
    Semoga virus ini segera berlalu šŸ™šŸ™

    IG : yesica_stevani

    Liked by 1 person

  9. Liburan keluarga yang seru semoga koko dan cece keliling dunia ya koko ku dan cece semoga aku bisa membawa orang tua ku keliling indonesia minimal saya @ari_yadenadi dari pekanbaru

    Liked by 1 person

    • Keren nih Cici Koko foto-fotonya. Toss aku juga udah pernah kesini dan yg kusuka binatangnya masih sangat-sangat terawat ya ngga kaya zoo sebelah.. Hehe. Selain itu tempatnya juga bersih minim sampah berserakan. Oiya yang paling anak-anakku suka adalah saat melihat beragam ikan di akuarium. Semangat review tempat2 wisata lainnya Cici. Luv you @lilissudyani_

      Liked by 1 person

  10. Halooo akun igku twinanda_ , buset sumpah baru tau kalo di bandung ada wisata baru yang menarik dan gak membosankan, bakal seru nih kalo sekeluarga main kesana, thankyou so much infonya yaaašŸ˜šŸ˜

    Liked by 2 people

  11. Kunjungan perdana ke blog yang menarik ini. Ke Lembang Park Zoo mah harus seharian ini dan didukung cuaca yang cerah. Keliatan bersih tempatnya dan banyak spot foto yang instagrammable. Sukses selalu untuk blog ini.

    Liked by 1 person

  12. Reviewnya lengkap banget, jadi pengen maen kesana, thank you kak sudah merekomendasikan tempat ini, di tunggu review tempat wisata menarik lainnya

    Liked by 1 person

  13. Reviewnya lengkap banget, jadi pengen maen kesana, thank you kak sudah merekomendasikan tempat ini, di tunggu review tempat wisata menarik lainnya
    Ig : @Soniyaulfahh

    Like

  14. Wah tempatnya keren ya.. sy penasaran pengen ke sini bareng keluarga, awalnya ragu tapi pas liat blog ini jadi semangat pengen ke lembang park and zoo.. mungkin pas libur dan keadaan corona membaik sy akan coba mengunjungi lembang park and zoo ini.. thank you infonya mba dan mas..

    Liked by 1 person

  15. Review dengan info yg jelas dan lengkap , menarik , sebagai panduan wisata juga buat aku yg blm pernah ke lembang park and zoo walaupun orang tua berdomisili di bandung , ada beberapa tempat yg blm pernah aku kinjungin ..terimakasih reviewnya blogger yg inspiratif bermanfaat bagi pembaca šŸ˜‡

    Liked by 1 person

  16. Wah seru banget yah Lembang Park and Zoo, recommended banget nich buat liburan bareng keluarga, banyak fasilitas bermain ramah anak, seru karena banyak hewan hewan lucu dan yang terpenting tempatnya bersih nyaman dan sejuk, karena berlokasi di Lembang yang udah terkenal dingin segar.. makasih blognya sangat bagus dan menginspirasi sekali. Semoga saya bisa berlibur bareng anak-anak ke Lembang Park and Zoo

    Liked by 1 person

  17. “ASYIKNYA LIBURAN” tempat ini cocok sekali untuk kita yang ingin mengajak keluarga untuk liburan terutama untuk yang mempunyai anak, karena bisa bermain sambil belajar tentang pengetahuan akan hewan – hewan šŸ¤—
    Pasti seru sekali, apalagi setelah di review seperti ini menjadikan kita yakin untuk pergi ke Lembang Park and Zoo

    IG : gii_gita

    Liked by 1 person

  18. Semoga bisa kesana bareng keluarga besar,, Aaaaaaamiiin… Asyik kayaknya ya kak. Udaranya sejuk, bisa melepas penat.
    Oh ya kak, ini ig ku @ismi_hikam. Bismillah… Semoga menang give away nya kakak šŸ¤—šŸ™

    Liked by 1 person

  19. aaahh ini sih enak banget , kapan kapan mau ajak anak-anak kesana ah , semoga tahun ini bisa terrealisasi . makasih info nya .. (IG : @moranes.situmorang)

    Liked by 1 person

  20. Bismillah insha allah ketika ada rezeki dan kebetulan suami lagi libur akan mencoba kesana bersama anak anak, menikmati waktu yang berharga, doakan bisa berliburan bersama keluarga aamiin…šŸ˜‡šŸ™šŸ» Kebetulan saya juga ikut giveaway nya nama instagram saya @syifaquin_nau semoga beruntung jikalau rezeki tidak kemanaā˜ŗļø

    Like

  21. Aku orang Bandung asli daaaan belum sempet kesana .. baca reviewnya makin ngiler ? Jelaaas ..
    Sedih sedih sedep !
    Eh kenapa sedih ..
    Skg lagi lockdown karena corona ..
    Sabar dulu ya sampe 14 hari nanti kalau uda semakin membaik dan memungkinkan pengen banget ngajak baby dan suami kesana ..

    Knp sangat antusias padahal dulu ga seantusias ini ?
    Hehehe .. karena reviewnya menarique hati ya duh duh duh ..

    Ini akan menjadi tempat yang ada di wish list ku ..
    Segera akan kukunjungi pasca lockdown ya

    Oya teman teman mari kita berdoa bersama untuk kesehatan dan kebaikan seluruh warga Indonesia ini ..
    Semoga terus ada dalam lindungan Allah SWT aamiin ..

    Ig : @elluna.mashel

    Like

  22. Tempatnya bagus ya , cocok untuk family time apalagi dapat giveaway menginap dizest hotel bandung belom pernah kelembang park n zoo jadi penasaran šŸ¤—šŸ˜Š( ID IG : sriwaty78)

    Liked by 1 person

  23. Lengkap banget reviewnya mas. Btw, kalau dari stasiun lebih baik dari stasiun bandung atau kiara condong ya Klo kesana? Apakah ada angkutan umum yang lewat situ? Tkyuu my IG : @traveleriee16

    Liked by 1 person

    • Makasih kak utk apresiasinyašŸ™šŸ¼šŸ˜Š

      Lebih baik ke stasiun Bandung.. dr sana ada angkot hiace yg jurusan St. Hall – Lembang warna kuning muda. Kakak tinggal naik itu lalu turun di pertigaan jl. Raya Lembang – jl. Kol Masturi utk ganti angkot. Naik angkot yg menuju Cisarua pasti lewat LPZ.

      Semoga membantu

      Like

  24. Reviewnya lengkap dan informatif banget!
    Selama ini ragu mau ke tmpat ini karena cari review di google nemunya kurang mantap. Liat-liat di IG cmn selewat.
    Pas baca review ini, malah pengen hehe
    Selama ini kl ke Lembang selalu skip tempat ini. Bulan depan kalo situasi udh kondusif, mau jadwalin jalan ke Lembang lagi, salah satunya mampir ke sini. Terima kasih yaaaa ^^

    Instagramku @gielanggs

    Liked by 1 person

  25. Berguna banget informasinya. lengkap banget !! dari review gimana main di lembang park zoo jadi semakin yakin bandung sudah mulai berbenah untuk kualitas kebun binatang. semoga ga cman musiman yah tapi tetep dirawat dan dijaga karena diliat video dan fotonya beneran bagus banget jauh dibanding kebun binatang bandung ! Binatang sehat pengunjung senang

    Liked by 1 person

  26. Waaahhh!
    aku baru tau ada wisata ini.
    saking lamanya ga ke Lembang :ā€))
    Fiks, kalo ke Lembang pasti akan kesini!! seruuu banget! wisata edukasi juga ini.
    Penasaran bangett serunya kayak apa di sana, dan pastinya ttp ajak keluarga atau ga temen2 biar makin seru.

    Thankyouuu min untuk infonya.
    Sekarang jadi tauuu ada tmpt wisata baru yang wajib untuk di datengin.
    Gak sabar mau kesana!!
    Yeaay! Sampai jumpa!

    Ig : mariavianney04

    Liked by 1 person

  27. Waahh tempat ny bersih sekali ,seperti my cocok untuk liburan keluarga anak2 pasti happy sekali ,selain itu ada hotel reviewer inspiratif mantaap harus bikin planning kesini wajib sama keluarga nih ,trima kasih yaa udah kasi info yg menarik untuk para calon pengunjung .
    Semoga ada discon menarik hehee IG @hello_zello

    Liked by 1 person

  28. Waaah thanks ko review nya.. Tempatnya bagus sekali paket lengkap.. Mama senang krna bnyk spot foto yg bagus dan anak pun senang banyak permainan dan bisa kasih makan binatang.

    Koh, boleh bawa makanan dari luar kah ?
    Klo kesana kira2 enak nya jam berapa ya ? thanks ko
    IG : @fitriwul88

    Like

    • Makasih kakšŸ™šŸ¼šŸ˜Š

      Ga bole bawa makanan, tas akan diperiksa di pintu gerbang masuk oleh petugas

      Sebaiknya dtg pd saat baru buka yah. Jam buka sdh ada di akhir artikel ini, tq

      Like

    • Masya allah,

      Bagus dan bersih banget tempat wisatanya ditambah udara lembang yang sejuk membuat penat dikepala hilang karena sudah terlalu lama dilock down šŸ˜‚šŸ˜‚
      .
      .
      sebelumnya terima kasih buat koko mimin yang udah review dan memperkenalkan tempat wisata yang cocok banget buat anak anak berwisata dan beredukasi disini šŸ˜šŸ˜
      .
      .
      Semoga aja bisa disegerakan mampir ke sini ngajak main anak buat menikmati suasana lembang šŸ˜ŠšŸ˜Š dan semoga bisa menangin giveaway dari koko mimin šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ™šŸ™
      @ratnafitriamardiani

      Like

  29. Masya allah,
    Bagus banget tempat wisatanya, lingkungan yang bersih bikin suasana semakin keren, apalagi ditambah udara lembang yang sejuk membuat penat hilang karena sudah terlalu lama dilock down šŸ˜‚šŸ˜‚
    .
    .
    Sebelumnya terima kasih buat mimin yang udah review dan memperkenalkan tempat wisata yang cocok banget buat anak anak dan bisa beredukasi disini.

    Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.