7 Alasan yang Buat Kalian Berani Travelling ke Hainan, China

Selama ini saya belum pernah berkunjung ke China secara khusus untuk travelling atau menghabiskan waktu liburan. Dulu sewaktu masih bekerja kantoran, memang pernah sih pergi ke Guang Zhou dan Shen Zhen, tapi itu untuk urusan kantor dan kepentingan bisnis. Jadi dalam hati, masih tersimpan keinginan untuk bisa berkunjung ke China hanya untuk travelling saja.

Sebagai seorang yang senang berpetualang dan menjelajah tempat baru, beberapa waktu belakangan ini sempat saya lihat postingan-postingan dari teman-teman di sosmed mengenai perjalanan mereka ke Hainan. Saya amati feed-feed tersebut, foto-fotonya bagus dan sungguh menarik. Sebagian dari mereka mem-posting kawasan kota tua di Haikou, ada juga yang mem-posting lanskap dari ketinggian Phoenix Valley.

Hainan
Phoenix Island di kota Sanya (Source: http://chinaplus.cri.cn, photo file: IC)

Dalam hati saya, ada apa di balik keistimewaan Hainan? Apa alasan yang bikin kita berani memilih untuk berkunjung ke sana? OK, setelah googling, saya temukan tujuh alasan utama kenapa kita memilih berkunjung ke Hainan dan teman-teman tidak perlu ragu (apalagi takut) untuk datang ke sana. Beberapa alasan yang saya cantumkan ini bersumber dari informasi di HIS Travel, salah satu penyedia paket tour China yang berpengalaman dan mumpuni.

Infografis berikut ini merupakan intisari 7 alasan menurut versi saya. Sementara detailnya bisa teman-teman baca setelah infografisnya yahh..

infografis

  1. Free VISA Masuk Hainan

Alasan pertama untuk datang ke Hainan adalah tidak perlu menggunakan VISA seperti ke daratan utama China. Ini baru saja berlaku sejak April 2018 lalu dan berlaku untuk wisatawan dari 59 negara yang tercantum pada list negara dari pemerintah China. Asyiknya, wisatawan dari Indonesia termasuk salah satunya. Namun perlu diingat, bebas VISA ini berlaku jika teman-teman berkunjung menggunakan travel agency dari Indonesia, saya rekomendasikan melalui HIS Travel. Sementara untuk independent travel, aturannya berbeda lagi karena tetap harus mendaftar melalui travel agency di Hainan dulu. VISA on arrival juga berlaku, tapi akan dikenakan tarif yang lumayan harganya (harga VISA mulai dari 168 RMB s.d. 1.000RMB, harga bervariasi tergantung kasus dan harus dibayar cash). Nah, VISA ini berlaku untuk stay di Hainan selama 30 hari.

LIST of country
Daftar 59 negara free VISA masuk ke Hainan (source: http://www.scmp.com)
  1. Cuaca Beriklim Tropis

Alasan kedua untuk berani datang ke Hainan adalah cuaca yang bersahabat buat kita, orang Indonesia. Posisi pulau Hainan ada di bagian paling selatan dari China, bahkan masih masuk ke wilayah Asia Tenggara sehingga letaknya dekat dengan garis khatulistiwa. Cuaca di Hainan otomatis beriklim tropis. Suhu rata-rata tahunannya berkisar antara 23-25oC. Suhu terendah di bulan Februari berkisar antara 16-20oC dan tertinggi di bulan Agustus antara 35-39oC. Tidak ada musim dingin terjadi di pulau Hainan. Cocok banged buat kita-kita yahh… 😊

hainan-beach See Ming Lee
Cuaca tropis di pantai Hainan (foto: See Ming Lee, source: lonelyplanet.com)
  1. Akses Masuk & Transportasi yang Mudah

Hainan punya beberapa akses masuk, salah satunya melalui bandara internasional yang ada di tiga kota utama, yaitu Haikou Meilan (di ibukota Hainan, Haikou), Sanya Phoenix, dan Qionghai Bo’ao International Airport. Beberapa maskapai international dan nasional Indonesia juga sudah melayani rute terbang ke Hainan.

Haikou Int Airport (www.airport-technology.com)
Haikou Meilan Int. Airport (source: http://www.airport-technology.com)

Untuk transportasi antar kota yang terpopuler digunakan jika mengikuti tour tentulah high speed rail atau kereta api cepat. Selain rutenya sudah menjangkau seluruh pulau Hainan, kenyamanan dari gerbong keretanya juga terjamin. Kereta peluru ini hanya perlu waktu 1,5jam untuk menempuh pulau dari ujung utara ke selatan (jika menggunakan rute west line). Tarif tiketnya pun sebenarnya tidaklah terlalu mahal, untuk kelas 2-nya bisa dinikmati dengan harga 88 RMB (sekitar 190K IDR), murah khan..

Hainan Inner Circle Train (news.cgtn.com)
Rute inner circle high speed rail Hainan (source: news.cgtn.com)

Memang ada transportasi yang lebih murah selain kereta api cepat, yaitu bus antar kota. Harganya lebih murah sedikit yaitu 78RMB, tapi ada juga yang hampir setengahnya, yaitu bus ekonomi dengan harga hanya 48RMB. Sebetulnya tersedia juga airport bus yang melayani rute dari airport menuju ke pusat kota tempat kita mendarat, tapi ini buat kalian yang jalan-jalan sendiri yah alias independent traveller.

  1. Pantai-pantai Indah bak di Hawaii atau Florida

Karena Hainan ini adalah sebuah pulau, maka wisata yang paling dominan dan diunggulkan tentulah pantai. Tercatat beberapa pantai indah yang kerap dikunjungi wisatawan. Di daerah Sanya, pantai yang ternama tentulah Da Dong Hai Beach yang punya hotel dari kelas bintang 5 sampai hostel, beberapa mal, dan banyak tawaran tempat makan. Aktivitas seperti berenang dan berjemur di pantai, speed boat, surfing dan parasailing bisa dilakukan di sini.

Da dong hai beach (httpwww.chinadaily.com.cn)
Da Dong Hai Beach (source: http://www.chinadaily.com.cn)

Pantai favorit lainnya di Sanya adalah Yalong Bay. Pantai ini terkenal karena air lautnya yang jernih dan pasir pantainya yang putih. Laut di sini juga banyak dijadikan sasaran para penyelam karena spot scuba diving masih alami biota lautnya dan pemandangan dasar lautnya sungguh indah.

yalong-bay-hainan_Sino Imaged Getty
Yalong Bay (foto: Sino Imaged Getty, source: lonelyplanet.com

Jika kita berpindah ke Haikou maka pantai yang dikenal banyak orang adalah Holiday Beach. Pantai ini punya aktivitas yang mirip dengan pantai-pantai lainnya, tapi yang membedakan pantai ini adalah sajian barbeque-nya. Bisa dibilang sajian barbeque di sini lebih terkenal dibanding aktivitas-aktivitas umum pantai.

  1. Kekayaan Tradisi Budaya Penduduk Lokal

Penduduk asli Hainan yang pertama datang ke Hainan berasal dari daratan besar China, datang  sekitar 5.000 tahun lalu, yaitu suku Li. Sementara penduduk asli lainnya datang dari Guangzhou dan Guangdong, 400 tahun yang lalu, yaitu suku Miao. Kedua suku ini akhirnya saling bercampur tradisi dengan menikah dan membentuk suku asli Hainan.

Li Miao People
Suku asli pulau Hainan (source: http://www.en.explorehainan.com)

Jika ingin mengetahui bagaiamana suku asli Hainan ini hidup, teman-teman bisa melihat langsung ke Yetian Ancient Village. Di sana kalian bisa belajar tradisi budaya mereka dalam aktivitas keseharian. Kegiatan menenun, mencelup kain, membuat perhiasan perak, dan juga tari-tarian daerah mereka jadi tontonan utama di sini. Atau jika teman-teman ingin menonton pertunjukan tari-tarian suku Miao dan Li sambil menikmati dan mencoba amusement park-nya yang bernuansa budaya suku ini, bisa berkunjung ke Sanya Romance Park. Sambil belajar budaya, kita bisa menghibur diri dengan entertaining show dan park-nya.

Yetian Ancient Village
Yetian Ancient Village (source: http://www.en.explorehainan.com)
Sanya Romance Park (httpwww.songcn.com)
Sanya Romance Park (source: httpwww.songcn.com)
  1. Kuliner Khas Hainan yang Lezat

Hainan juga dikenal dengan keragaman kulinernya. Sampai ada masakan yang berasal Hainan tapi justru lebih dulu populer di luar pulau Hainan sendiri. Kalian tentu pernah mendengar masakan Chicken Hainan Rice atau nasi ayam Hainan. Makanan ini lebih dulu populer di Singapura dan Malaysia, padahal sebetulnya berasal dari sini. Di Hainan sendiri disebut Wenchang Chicken karena memang berasal dari kota Wenchang. Ayam ini terbilang sehat untuk dikonsumsi karena tidak mengandung minyak berlebih akibat proses masaknya yang direbus.

Wenchang Chicken (www.chinatoursnet.com)
Wenchang Chicken (source: http://www.chinatoursnet.com)

Sajian ternama lainnya khas pulau ini adalah Hainan Hot Pot. Disajikan dalam mangkuk tahan panas, dididihkan di atas api dengan isi air kaldu dan potongan daging. Saat disajikan daging belum terlalu matang, harus menunggu sekitar 15 menit lagi untuk matang sepenuhnya. Biasanya disajikan juga dengan berbagai sayuran hijau, jamur, dan yang paling populer tentulah aneka ragam jenis seafood.

Hainan Hot Pot
Hainan Hot Pot (source: http://www.spoonhunt.com)
  1. Pilihan Paket Tour yang Sangat Murah

Alasan terakhir yang saya temukan adalah harga paket tour yang sangat ekonomis. Bayangkan, dengan hanya membayar 5 jutaan rupiah, teman-teman sudah bisa mengikuti tour selama 6 hari ke Hainan (klik link di sini atau klik gambar di bawah untuk info lebih detail mengenai paket tour ke Hainan). Harga tersebut sudah semua all in lho, dari tiket pesawat pulang pergi, akomodasi hotel berbintang 4, pengurusan VISA untuk group tour, makan pagi-siang-malam, dan transportasi (bus dan kereta api cepat) selama berada di Hainan. Wow! Ini sih murah banged!

Kalo saya bandingkan beberapa penawaran, maka paket tour dari HIS Travel ini bisa dibilang murah. Ada beberapa travel lain yang kasih harga sama, tapi jumlah harinya lebih sedikit. Atau ada juga yang kasih jumlah hari sama, tapi hotelnya tidak disebutkan dengan jelas berbintang berapa. Jadi dari segi harga menurut saya memang paket tour HIS Travel adalah yang paling murah.

Namun, bukan berarti murah itu jadi murahan lhoo yah. HIS Travel juga menyediakan layanan yang prima. Dengan tim yang melayani secara profesional dari sebelum keberangkatan, saat keberangkatan, hingga tiba lagi ke Indonesia, mereka memberikan service yang memuaskan berdasar pengalaman dan keramahtamahannya. Pelayanannya pun lengkap dari pembuatan VISA, booking pesawat dan hotel, sampai tour guide yang ramah dan berpengalaman dalam memimpin grup tour.

Di bawah ini saya sampaikan 5 keunggulan HIS Travel dibandingkan travel-travel agent lain di Indonesia. Keunggulan-keunggulan ini semoga makin menyakinkan teman-teman.

HIS 5

So Guys, nggak perlu ragu lagi untuk segera berangkat ke Hainan, China. Semua alasan yang saya sampaikan di atas sudah cukup bikin kalian yakin bahwa next planning trip, kalian haruslah ke Hainan. Oh ya, untuk tahu pesona tempat-tempat wisata lain yang ada di Hainan, bisa baca artikel saya di sini. Dan jangan lupa join dengan Hainan tour yang disediakan HIS. HIS Travel is the best untuk liburan ke Hainan!

blog competition banner

3 comments

  1. Ingin hati traveling sendiri ke Hainan, tapi biaya penerbangannya nggak disubsidi. Pake HIS Travel cuma 5 juta all in, ya udah lah pake HIS Travel aja 😀

    Yang penting bisa menjejakkan kaki ke negara baru dan cobain kereta cepat.

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.