Ibis Budget Cikarang Festival, Menikmati Hotel Berbintang dengan Harga Bujet

Ingat Cikarang pasti ingat pabrik atau industri. Ya benar, bersitan pikiran ini pasti muncul begitu mendengar kata “Cikarang” karena memang kawasan ini banyak ditemukan pabrik-pabrik besar dan industri. Ehh tapi jangan salah, sejak proyek perumahan besar Meikarta masuk, pemikiran ini mungkin mulai agak bergeser.

Nah, seiring pertumbuhan industri di suatu kawasan tentu tidak lepas dengan pertumbuhan fasilitas hiburan, termasuk dalam hal perhotelan. Nggak heran banyak hotel berdiri untuk memenuhi kebutuhan para pendatang dari para pekerja dan pebisnis. Beberapa hotel bahkan menyediakan sarana untuk keluarga. Salah satu hotel yang termasuk dalam grup Accor Hotels yang sudah terkenal, menyediakan hunian bagi para pebisnis dan juga keluarga adalah Ibis Budget Cikarang Festival.

Lokasi Ibis Budget Cikarang Festival

Kami berangkat dari Bandung menyusur tol Purbaleunyi dan dilanjutkan tol Cikampek. Saat sampai di daerah Karawang, kami tidak naik menggunakan jalan layang tol Cikampek tapi tetap berada di jalur bawah. Ya, untuk mencapai Ibis Budget Cikarang Festival kita harus melewati jalur bawah.

29sw

Segera saja saya mengset GPS Google Maps saat sudah dekat daerah Cikarang. Kami diarahkan keluar di exit gerbang tol Cibatu sekitar km 35. Mungkin kalo teman-teman yang berangkat dari Jakarta akan diarahkan exit di gerbang tol Cikarang Barat.

Keluar pintu tol, masih perlu waktu 15-20 menit untuk mencapai Ibis Budget Cikarang Festival dalam kondisi lalu lintas sedang. Jalannya banyak berbelok, kami juga nggak langsung hafal sekali jalan. Kami serahkan jalannya mobil pada Google Maps 😁😁😁.

Lobby dan Check In

Sempat bingung gerbang masuk parkiran Ibis Budget Cikarang Festival karena ternyata lokasi hotel ada di hook pertigaan jalan yang ramai. Karena kami datang dari arah seberang jalan hotel maka kami perlu memutar balik terlebih dahulu.

Area parkirnya cukup memadai, meski kami perhatikan selama kami stay di sana pada malam hari parkirannya selalu padat kendaraan. Tapi tidak sulit kok mendapatkan parkir dan areanya berada di outdoor.

44sw

Lobby Ibis Budget Cikarang Festival yang meskipun kategori budget hotel, interior lobby-nya tetap menawan. Mural dilukis di beberapa bagian lobby, lalu meja dan interior ruangan yang terbuat dari kayu tebal coklat tua bikin kesan natural dan mewah. Sebagian besar dinding juga mempertahankan bentuk batu batanya dengan baluran cat putih, yang bikin kesan unik dan alami.

Salah satu sudut lobby ditempatkan makanan dan minuman instan, tapi yang ini berbayar yah. Di sisi lain terdapat mini café atau bakery yang menjual penganan ringan seperti roti dan cake, ini bisa buat teman kita saat memakai fasilitas dua komputer berakses internet yang tersedia. Di dekat pintu masuk lobby disediakan sepeda yang bisa dipakai tamu hotel untuk berkeliling di seputar area hotel untuk sekadar jalan-jalan atau mencari makan.

37sw

Matador Waterpark

Kami check-in di Ibis Budget Cikarang Festival pada hari Sabtu siang. Sengaja datang agak pagian karena memang berencana berenang dulu di waterpark yang berada persis di sebelah hotel. Sambil menunggu kamar siap, kami segera berganti baju renang. Untuk tamu hotel Ibis Budget Cikarang Festival memang diperbolehkan mengakses Matador Waterpark. Kami diinfokan petugas front office bahwa mendapat jatah dua tiket dewasa dan dua tiket anak.

Area Matador Waterpark terbagi dua area besar. Satu area dengan kolam luas untuk dewasa, sementara area yang lain lebih untuk tempat main air anak-anak. Seru juga sih, karena banyak permainan air buat mereka dan tentu orangtuanya juga bisa ikut terlibat. Di beberapa area berdiri tenda-tenda penjaja makanan dan minuman.

Classic Room

Setelah hampir dua jam anak-anak berenang dan menikmati waterpark, mereka sudah nggak sabar untuk segera masuk kamar. Kami kembali ke lobby dan untungnya kamar sudah ready. Kami segera naik lift untuk menuju kamar.

Kamar tipe Classic Room punya luas 17m2, tersedia dengan ranjang double atau twin bed. Classic Room merupakan tipe di atas Standard Room dengan luas yang lebih kecil, dan di bawah Superior Room yang merupakan tipe tertinggi yang dimiliki Ibis Budget Cikarang Festival.

Fasilitas yang disediakan di kamar tipe Classic terhitung melebihi hotel budget. Classic Room menyediakan air conditioner, bathroom dengan shower, dan toilet-nya dibuat terpisah. Selain itu masih ada TV LCD flat, telepon, safe deposit box dan bahkan mini bar.

43sw

Yang membedakan dengan tipe Standar Room adalah disediakannya day bed di samping working desk. Selain itu juga masih disediakan coffee/tea maker facilities. Yang menarik air mineral disediakan dalam teko kaca yang bisa kita refill. Dispenser airnya disediakan di lorong kamar setiap lantai.

16sw

Oh ya, buat teman-teman yang ingin memesan tipe kamar Classic atau Standard Room dengan nuansa biru berhiaskan lukisan banteng, pastikan kalian memesan kamar yang ada di lantai 5 dan 6.

Breakfast di Matador Restaurant

Untuk breakfast, tamu hotel Ibis Budget Cikarang Festival bisa menikmatinya di Matador Restaurant yang berada di lantai dasar. Suasana restorannya juga bernuansa biru dengan motif geometris segitiga yang tampilan visual nyeni banged. Dengan sebagian furnitur ruang makannya juga bergaya natural karena dikombinasikan kayu asli dan gaya simpel.

22sw

Menu-menu breakfast Ibis Budget Cikarang Festival juga lumayan bervariasi. Dari hidangan utama dengan menu Indonesian food. Sementara untuk sampingannya disediakan roti tawar dengan berbagai selai, bubur kacang hijau, beberapa makanan kukus tradisional, serta buah-buahan.

Kami rasa untuk ukuran hotel budget hidangan yang diberikan cukup lengkap. Menu yang tersedia yang penting sehat dan cukup memenuhi kebutuhan energi kita selama setengah hari.

Tempat Main Keluarga di Cikarang

Mungkin ada yang bingung kalo ke Cikarang bawa keluarga mau diajak kemana? Barangkali ada yang bapaknya selama seharian pergi urusan bisnis, sementara istri dan anak-anaknya ditinggal di hotel. Pilihan lain selain main di waterpark juga ada kok.. tenang aja

Nah, selama menginap di Ibis Budget Cikarang Festival kami mecoba mengunjungi  Central Park Meikarta. Lokasinya nggak jauh kok, sekitar 15 menit berkendara mobil. Di sini akses tamannya free, kalo teman-teman cuma mau jalan-jalan sore menikmati suasana taman buatan ini, bisa dengan bebasnya berkeliling sampai malam.

Namun, buat yang bawa anak-anak bisa cobain beberapa permainan yang disediakan di sana oleh pihak Meikarta. Ada playground, bianglala mini, korsel, dan banyak mainan lain yang bisa dinikmati dengan membayar tiket. Harga tiketnya juga nggak mahal kok. Mulai dari 5K sampai 20K.

07sw

Waktu kami main ke Central Park Meikarta, kebetulan sedang ada event akhir tahun. Jadi ternyata jika berdekatan hari raya tertentu, di seputar taman ini diadakan pasar malam. Ada banyak permainan pasar malam ditampilkan selain itu juga jajanan kuliner yang amat beragam.

50sw

Kesimpulan

Ibis Budget Cikarang Festival punya nilai tambah dari segi fasilitas yang setara hotel bintang 3. Bagi para pebisnis yang berkunjung untuk keperluan bisnis selama di Cikarang, hotel ini juga cocok sebagai hunian bisnis atau bersama keluarga karena fasilitas waterpark-nya. Kami rasa Ibis Budget Cikarang Festival bisa menjadi salah satu pilihan utama jika menginap di Cikarang dengan harga yang sangat bersahabat.

Untuk informasi dan reservasi, sila hubungan kontak berikut:
Ibis Budget Cikarang Festival
Jl Cibarusah Raya. Cikarang Selatan
Bekasi 17550
Telepon: +6221-2961-9090
Email: reservation@ibisbudget-cikarang-festival.com

14 comments

  1. Wah aku kebetulan sering bolak balik bekasi karawang tapi baru tau kalau di meikarta ada central Park nya .. mksh ya jkldiary untk infonya .. kapan2 mau coba menginap di ibis budget cikarang sepertinya seru sambil main di central Park and matador waterpark nya..

    IG : sabrina_dian17

    Liked by 1 person

    • Beda tingkatan yah..

      ibis Budget level paling rendah Ibis utk tamu2 berbujet

      Ibis style lebih prestise & stylish, tentu fasilitas lbh lengkap dan kamar lbh luas dan nyaman

      Tengah2nya Ibis standar, polos tanpa sebutan apa2..

      Warna logonya sdh keliatan
      Budget biru, standar merah, stylish hijau

      Like

  2. Hotelnya kerenn.. hotel budget rasa bintang 5, pengen banget bisa staycation di sini sambil refreshing.
    Terimakasih blog nya sangat menarik dan asik banget dibaca

    Semoga bahagia dan kompak selalu buat Keluarga bpk James & Ibu Lenny

    Akun IG : @Lina97okta

    Liked by 1 person

  3. Dilihat dari menu sarapan dan kehadiran minibar di kamar, udah setara bintang 3 ini, koh! Sukanya sama hotel-hotel Accors tuh lobi hotelnya selalu instagrammable, untuk lini budget-nya sekali pun. Seru banget ya dapet 2 tiket dewasa buat Matador Waterpark dan deket Central Park Meikarta. Rasanya Ibis Budget yang satu ini lebih menyasar pasar keluarga. Baru kali ini juga menemukan Ibis Budget yang punya 3 tipe kamar.

    Suka deh makin banyak hotel yang ramah lingkungan dengan meniadakan botol plastik. Mungkin lebih murah juga buat mereka, hehe. Btw apa kabar pembangunan Meikarta? 😀

    Liked by 1 person

  4. iya betul mas, fasilitas setara bintang 3, tapi terbentur masuk ke kelas Ibis Budget yah… mau naik ke Ibis standard (merah) masih kagok juga..

    Kemarin ini kami cuma main di Central Park, kalo liat pembangunannya sih di Central Park ini sdh sangat lengkap.. Gedung2 apartment sdh cukup banyak sih, ga tahu kalo rumah2 mandiri nya yah..

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.