7 Tips New Normal Staycation yang Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

Hampir empat bulan lamanya kami sekeluarga tidak staycation. Sejak pandemi Covid-19 melanda, kami menahan diri #stayathome. Kami sempat jalan-jalan ke beberapa tempat di alam sih untuk menghindari kebosanan selama #dirumahaja. Cerita perjalanannya bisa dibaca di bawah ini:

Mungkin ada di antara teman-teman yang sampai saat membaca artikel ini malah belum jalan kemana-mana. Ada perasaan ragu untuk bepergian atau pun menginap di hotel. Pikiran, duh aman nggak keluar rumah? Atau kalo nginep di hotel, kamarnya bebas virus nggak yah? Apa jaminannya? Pikiran yang lain mungkin, gimana caranya menjaga diri supaya menghindari tertular virus Corona di tempat kita menginap? Ini sejumlah pertanyaan yang berkecamuk di dalam hati.

Nah, melalui artikel ini kami coba tulis 7 tips new normal staycation yang nyaman dan aman selama pandemi. Artikel ini kami share berdasar pengalaman kami menginap di hotel dari bulan Juli 2020 lalu.

1. Cari Tahu Protokol Kesehatan yang Diterapkan Pihak Hotel

Sebelum menentukan hotel, sebaiknya teman-teman mencari informasi sebanyak mungkin tentang pelaksanaan protokol kesehatan yang dilakukan pihak hotel. Gimana cari tahu infonya? Paling mudah yah akses sosial media hotel yang kita tuju. Jika informasinya belum cukup, bisa juga mencari nomor kontak person dari hotel yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian. Nggak sulit kok untuk mendapatkannya.

Informasi lebih kredibel mungkin bisa didapat dari review orang lain yang pernah menginap di sana selama pandemi. Atau mungkin bertanya pada bagian PR hotel. Biasanya jawabannya lebih bisa dipertanggungjawabkan. Kalo kami karena lebih banyak berhubungan dengan pihak marketing commucation hotel, ya tentu dari merekalah mendapatkan info.

2. Siapkan Perlengkapan Wajib Bawa Selama Pandemi

Sebagian besar mungkin sudah pada tahu alat-alat wajib bawa selama bepergian di masa pandemi. Sekedar mengingatkan, kalian bisa baca listnya pada artikel di sini. Ada tujuh benda wajib bawa yang kami sarankan, plus satu benda lain yang cocok sekali buat staycation, yaitu…. electric pan alias kompor mini listrik! Hahahaa…

Beberapa benda wajib bawa tersebut memang mungkin ada yang disediakan hotel. Seperti hand sanitizer. Bedanya memang kalo kita bawa sendiri kita tidak perlu bersentuhan dengan alat/botol hand sanitizer-nya yang digunakan oleh banyak orang. Jadi, lebih terjamin dan aman lah yahh…

3. Pilih Waktu Staycation yang Tepat

Ya, waktu menginap yang tepat adalah kunci kenyamanan teman-teman selama staycation. Coba bayangkan kalo kalian harus staycation tapi suasana di hotel sedang rame-ramenya. Di lobby saat check-in orang mengantre, yang lain duduk-duduk di sofa lobby menunggu proses check-in. Mau berenang di pool hotel juga banyak yang renang, kita jadi ragu untuk ikut nyebur, akhirnya malah nggak berenang. Ingin nikmati breakfast di restoran, antriannya mengular. Belum lagi khawatir dengan posisi duduk yang berdekatan akibat restorannya padat.

Dua kali staycation selama pandemi, kami selalu minta di weekday. Kebetulan James juga bisa bekerja dari dan di mana saja. Sementara anak-anak bisa PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dari kamar hotel. Yang penting buat mereka asal ada internet yang kenceng, semua bisa dilakukan. Oh ya, perlu cari info juga nih sebelum menginap internet hotelnya bagus nggak? Hehehe.. ada tambahan tuh…

4. Pastikan Kondisi Tubuh Keluarga Kalian Sehat

Kondisi tubuh yang sehat dan fit jadi poin paling penting yang harus kita utamakan. Kalo badan kurang fit, kita jadi mudah tertular karena antibodi tubuh kita menurun. Karena itu, pastikan sehari sebelum menginap di hotel badan kalian fit. Jaga selalu kesehatan badan selama seminggu sebelumnya dengan berolah raga ringan dan menjaga makanan.

Kami selalu mencoba membiasakan anak-anak untuk lebih sering berolah raga beberapa minggu sebelum trip kami. Apalagi kalo long trip, kami sedikit “memaksa” mereka untuk minimal berjalan kaki di pagi hari, 30 menit cukup. Demikian juga dengan staycation, sebaiknya kita persiapkan tubuh kita juga khan…

5. Bersihkan Kamar Sebelum Mulai Digunakan

Nah, prosesi ini kami lakukan sebelum menggunakan kamar. Kami juga memastikan kamar yang minimal sudah sehari tidak digunakan oleh tamu lain. Meskipun hotel sudah melakukan protokol kesehatan dengan melakukan penyemprotan disinfektan sebelum digunakan, kami selalu menyemprot ulang dengan air disinfektan (mengenai air disinfektant sudah kami sebutkan di point nomor 2). Setelah disemprot, kamar kami biarkan dulu selama minimal 15 menit. Saat mendiamkan kamar kosong, kami menggunakan waktu untuk tour fasilitas hotel.

Jika kamarnya punya akses jendela/pintu yang behubungan dengan udara luar, baik jika kita buka dulu supaya aliran udara baru bisa masuk kamar. Ini bagus sebab aliran udara yang terperangkap di kamar juga bisa jadi membawa virus. Oh ya, selain itu kami juga membersihkan bagian-bagian dalam hotel yang banyak kami gunakan. Misalnya meja kerja, kursi duduk, keran wastafel, remote TV dan AC, dan sebagainya. Pembersihannya bisa menggunakan antiseptic wet tissue atau tissue yang dibasahi cairan disinfektan.

Teman-teman juga perlu ingat, jangan naik ke ranjang sebelum berganti pakaian bersih. Jika tidak ada rencana keluar kamar lagi, kalian sebaiknya mandi dulu dan berganti pakaian. Jika terlalu lelah dan ingin beristirahat, bisa menggunakan sofa atau day bed terlebih dulu dan setelah segar kembali, sofanya bisa didisinfektan lagi.

6. Kurangi Penggunaan Fasilitas Hotel yang Melibatkan Orang Banyak

Ya, ini adalah pilihan bijak jika kita terpaksa menginap di hari yang ramai pengujung. Area-area seperti fitness centre, swimming pool, atau fasilitas-fasilitas hiburan lainnya yang banyak digunakan oleh orang umum sebaiknya dikurangi. Bukannya parno, tapi sebaiknya kita menjaga diri karena kunci kesehatan kita sebetulnya bukan pada pihak hotel saja, melainkan pada diri sendiri.

Untuk fasilitas breakfast, jika hotel sedang ramai, mungkin lebih bijak jika kita menggunakan breakfast in room. Selain menghindari keramaian orang, makanan yang disajikan juga bisa kita amankan misalnya dengan memanaskannya sekali lagi dengan electric pan (salah satu alat wajib bawa selama staycation. List lengkapnya baca di sini). Ribet yah? Tentunya, tapi ya semua untuk kebaikan keluarga kita khan. Untuk peralatan makan, kami juga menggunakan sendok garpu yang kami bawa sendiri atau bisa juga dengan mencuci terlebih dahulu peralatan makan hotel atau paling praktis adalah merendam alat makan dengan air panas di dalam gelas minimal selama 60 detik.

7. Mengikuti Protokol Kesehatan yang Diterapkan Hotel

Disiplin diri dan taat pada peraturan adalah kunci menjaga diri dari kemungkinan terpapar virus Corona. Kedisiplinan muncul dari dalam diri sendiri. Saat berada di hotel tempat kita staycation, apakah kita disiplin menggunakan masker selama berada di tempat umum. Apakah kita rajin mencuci tangan? Atau apakah kita taat melakukan protokol yang diterapkan pihak hotel?

Beberapa peraturan khusus yang diterapkan hotel selama pandemi, misalnya pembatasan jumlah orang yang penggunaan swimming pool. Atau bagi tamu hotel yang ingin menggunakan fitness centre harus terlebih dahulu booking jadwal. Nah, dengan adanya aturan-aturan ini apakah kita mau taat atau mau seenaknya sendiri? Kami pernah melihat tamu hotel yang tidak sabaran menunggu dilayani pramusaji saat breakfast. Ini sebetulnya bukan hanya merugikan dirinya sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar. Yuk, mari belajar mendisiplin diri demi kepentingan bersama. Bukan hanya demi diri kita. Mari pikirkan kepentingan bersama!

END OF TIPS

Nah ini dia 7 tips yang kami pikir perlu disampaikan kepada teman-teman. Semoga tips-tips ini buat kalian lebih yakin untuk staycation di hotel. Jika ada pendapat yang lain atau tips baru dari kalian, sila tambahkan di kolom komen. Berbagi itu indah. Have a safe staycation and keep healthy!

168 comments

  1. Waaahhh.. Sangat bermanfaat sekali ko tips nya buat kita2 yg udh pengen liburan tp masih sedikit ragu di tengah pandemi ini. Terimakasih ko. Semoga pandemi segera berakhir dan semua bisa kembali beraktivitas normal @ginafauziah94

    Liked by 1 person

      • Aku salah satunya, yang belum kemana-mana selama pandemi ini. Duh rasanya suntuk banget. Ingin rasanya melepas suntuk. Tapi apa daya, sejak pandemi pemasukan juga ikut merosot, jadi aja jatah buat jalan menghilang hehe.. disamping itu rasa syerem juga klo mau jalan-jalan nginep dihotel, takut kena virus corona. Tapi berkat 7tips ini, rasanya jadi aman ya. Semoga masa pandemi ini segera berakhir. Kasian juga si bayi jadi jarang dibawa keluar rumah.

        Like

      • ya, liburan ga perlu yang mahal2 kan kan… skrg liburan ke alam saja yg dekat2… murah meriah kok.. kemarin ini kami ke Pangalengan pas pandemi, juga sh refreshing.. atau ke Lembang atau pesisir Bandung TImur..

        Memang perlu hati2 kalo bawa bayi yah di masa pandemi.. Jauhi kerumuman yang penting.. kalo wisatanya penuh orang, sebaiknya segera hindari jangan memakasakan diri untuk masuk..

        Ini mungkin bbrp masukkan dr kita, semoga membantu. Salam sehat selalu

        Like

    • ditengah pandemi dikasih tips untuk liburan ke hotel bagus juga nih.. secara udah rencana pgn liburan berkesan dihotel.makasih tips nya sangat bermanfaat

      Liked by 1 person

  2. Wah jadi ga terlalu was2 lagi nih bawa anak pas masa pandemik gini. Soale masih ragu ko bawa anak yang segala.dipeganglah,segala pengen liatlah,pengen maininlah,berenang ga bs ga klo mgotel. Tq ko infonya. Gbu n ur fam
    IG: Lindarethaa

    Liked by 1 person

  3. Sangat sangat bermanfaat tips nya cici and koko….
    Jd nambah wawasan hrus gmn2 nya…aplgi aq kemana2 bw anak..hehe…
    Sukses terus cici dan koko semoga sehat selalu yaa….dan semoga pandemi jni cpt berakhir….
    Aku si pemilik akun ig gemalinkhalilah

    Liked by 1 person

  4. Artikel yang sangat bermanfaat sekali ko.tips new normalnya staycation yang nyaman dan aman selama pademi, biar tetap staysafe dan stayhealthy keren,semoga pademi ini cepat berakhir,amin

    Ig: tan_abenx

    Liked by 1 person

  5. Udah lama banget ga staycation
    dengan adanya Blog ini saya jadi tau apa saja yang harus saya lakukan kalau mau staycation saat kondisi pandemi ini. bermanfaat sekali Tips nya 👍🏻 Semoga kondisi New Normal saat ini orang – orang akan jadi terbiasa menerapkan protokol kesehatan dan Tips yang Kaka Berikan akan jadi contoh yang baik untuk kita terapkan.
    Sukses dan semoga selalu memberikan informasi dan Tips lainnya ya kaa 🤗

    @gii_gita

    Liked by 1 person

  6. Info yang sangat penting nih,bisa di share ke grup keluarga. Jadi tetap aman meskipun staycation di hotel.
    Terimakasih kak James. Tuhan memberkati @Cindysirait

    Liked by 1 person

  7. Thanks for sharing the tips. Kepo nih, gimana cara staycation asik kalo budget kita sedang terbatas. Bisa ga dapetin hotel yang nyaman ? Jangan lupa. Sering sering kasih giveaway yaaa😍😄🙏✌

    Like

    • Masama 🙏🏼😊 nah mulai bkin review dikit2 di IG dr hotel yg pernah sj.. kalo giveaway2 gitu khususnya yg bukan diundi, terkadang hotel jg milih org yg dimenangi yg bisa ngereview 😊😊

      Like

  8. Tips yg sangat berguna utk diri aku dan pastinya utk semuanya bagi yg ingin menginap di hotel utk saat2 seperti skrng ini.dengan adanya new normal di bagian hotel ini,kita ikuti supaya staycation kita menyenangkan.
    IG : yosep_budiono

    Like

  9. Wahh, kebetulan baru ada planning nih mau staycation. Suka banget sama saran di poin 6. Yess.. terkesan sepele tapi ini penting banget di masa pandemi gini. Thank ya mommy. Dan dari sekian banyak list yg udh disiapkan sama aku dan keluarga, aku nemu 1 yg blm kepikiran dan tercerahkan dari artikel ini.. Electric pan! Aaa nice info mom. Thank’s very much ❤

    Like

  10. Wah ini Tips bener banget dan membantu sekali. Apalagi kita emak2 yang bawa anak kecil. Kerempongan untuk bawa semua barang2 itu lebih worth it daripada malah kenapa2 sama keluarga ya kan. Ditunggu tips dan listnya lagi yaa kak 🙏🏻🙏🏻

    IG : @githa_imoed

    Liked by 1 person

  11. Super mantap tipsnya ka harus di Support selalu nih Linknya karena sangat membantu dan bermanfaat bgt
    Cuma mau bilang Thankss kita Jadi lebih aware
    Maklum ya selama pandemi ini bosen juga dengan suasana rumah . Pengen liburan dan cari tempat stay masih khwatr tapi berkat Tips ini Aku jadi punya List penting untuk menjaga kesehatan dan Kenyamanan di luarsana sekrng gak perlu khwatr lgi deh.

    Liked by 1 person

  12. Bagus banget nih berguna tips2 nya di new normal,jujur kami sekeluarga rindu bangett holiday nginep dihotel karna masih sangat takut…setelah baca tips tips ini saya jadi agak merasa tenang..thx yaa tips2 nya

    Liked by 1 person

  13. Waahh, info nya sangat amat bermanfaat mom.
    Betarti slain hand sanitizer dan masker, aku kudu bawa peralatan masak panci elektrik,dan air disinfectant juga yaa..
    Pastinya isi saldo2 e-wallet jg ya mom agar terhindar dr uang cash.hihihii
    Kebetulan akhir bulan ini akan staycation dengan keluarga kecil ku ke daerah bandung.
    Semoga kita semua selalu sehat yaa..AMIN
    GBU..

    IG : @cynthiauno

    Liked by 1 person

  14. Wow tips nya sangat menginspiratif dan mendetail. Mau add saran lain juga udah lengkap dijelasin banget disini, hhi. Memang kalau mau staycation di era pandemi gini benar-benar harus sangat kita perhatikan sedetail mungkin. Sukak banget sama artikel nya, thanks for your sharing.
    IG : vitakharisma23

    Like

  15. wahhh makasih ko tipsnya sangat bermanfaat dan lengkap bangett 🤩 😊 jadi ingett waktuu ituu mau staycation walaupun kamar sudah dibereskan terlebih dahulu oleh pegawai hotel stidaknya lebihbbaik kita semprotkan dlu yaaa memakai disinfektan sendiri ..
    😁

    @sucimaristia97

    Like

  16. bener sekali, apa lagi keluarga saya
    yang punya anak, dan pingin banget ngajak jalan jalan, manfaat sekali tipsnya.
    pingin buru buru praktek, segala sesuatu harus di persiapkan. terima kasih bacaan ini ngebantu banget… sukses selalu. gak sabar baca arikel yang lain..
    IG : KAUTSARI_ANGGUN_KARISMA

    Like

  17. Wah senangnya sekeluarga bs staycation aman dan nyaman selama pandemi. Gak takut dan khawatir lagi karena jkl udh kasih tips yg sangat bermanfaat buat kami sekeluarga yg sama hobinya staycation 😁😁😁. Sukses terus ya jkl @citoy_mardyah (ig)

    Like

  18. Seneng banget baca tips staycation nya ko.. Selain dapet ilmu bermanfaat juga jd hiburan yg mdh2an aku sama anak2 bisa mewujudkan nya… Sukses terus koko semoga pandemi ini cepat hilang dari muka bumi ini .. Semangat new normal

    Liked by 1 person

  19. Terima kasih tips nya ko.. sangat bermanfaat sekali.. saya dan keluarga selama pandemi ini memang takut untuk bepergian jauh apalagi sampe menginap di hotel.. tetapi setelah membaca tips ini saya merasa excited pengen sekali menginap di hotel 😉 pastinya seru sekali apalagi anak2 pasti mereka juga senang..sukses selalu ya ko 🙏 IG : @hanideninta

    Liked by 1 person

  20. Pastinya hotel dengan protokol yang di anjurkan pemerintah menjadi lebih nyaman,aman,dan sehat,terutama di musim pandemi ini Crew hotel sehat konsumen hotel pun sehat, sukses teruss 🙏🙏🙏

    Liked by 1 person

  21. Sangat bermanfaat nih tips2nyaa.. Sukaa bgtt sama blog kaka James..
    Detail,simple,dan menarik..
    Jadi baca blog nya ga bosen…
    Sukses teruss kak buat blog2 selanjutnya..❤❤❤
    Ig : Jenny_160315

    Like

  22. wahh, sangat bermanfaat dan infomatif sekali nih tips2 nya 🤩 ttp aman dan nyaman nginep staycation..
    siapa tau nanti bisa nginep di hotel lg dan pandemi cepat berlalu jg.. tanpa perlu khawatir berlebihan 😅 stay safe stay healthy kawan2
    ig : @patricia_dmq2206

    Liked by 1 person

  23. Wahhhh sangat bermanfaat nih, thx yaaa sudah mengingatkan kita udah selalu safety, dikarenakan ga dikasih ijin kantor buat keluar kota jd perlu bgt nih staycation gini..
    Semoga pandemi ini cepat selaluu

    Sehat selalu yaaa kak james and kak lenny

    Liked by 1 person

  24. Thank u buat Tips nya sangat bermanfaat bangettt apalagi yg seneng staycation bareng anak2 bener2 harus extra safety .. Liat Jkl.Diary jalan2 & Staycation jd mauu staycationn karna udh beberapa bulan dirumah trs😭 semoga pandemic ini cepet berakhir biar cepet2 liburan Normal lagiii Aminnn

    Liked by 1 person

  25. Terima kasih informasi dan tipsnya, memang selama pandemi ini rata-rata hampir semua orang sudah jenuh #dirumah aja dan butuh refreshing keluar rumah tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.
    Saya juga merasakan betapa pandemi ini membuat stress, lelah, dan menimbulkan banyak persoalan baru dalam rumah tangga baik dari segi financial maupun psikis. Sekarang sudah memasuki tahapan New Normal artinya kita sudah bisa mulai beraktifitas seperti biasanya. Kita semua butuh liburan untuk menjernihkan pikiran dan memulai kegiatan dengan semangat baru Have a safe staycation and keep healthy! 😉
    IG @maulida_yasmin2

    Liked by 1 person

  26. staycation d pandemi ini brang2 atau alat apa sih yg hru bgt d bawa dan se stay safe gmna sih ka soalnya kan bwa anak jga gitu ksh tau donk tips nya ? mksh ka @putrymerliantie

    Liked by 1 person

  27. Beneran bermanfaat banget nii tips nya ko untuk kita” yg msh ragu bwt staycation apa lagi kl bawa anak kan pasti sedikit riskan ya .. skrg udh kebantu banget nii sama tips ini .. thx sukses dan sehat selalu untuk keluarga .. @dessy_chuby

    Liked by 1 person

  28. Yupss betul bgt ko, khawatir banget dengan keadaan bumi sekarang ini, apalagi aku yg lagi hamil dan punya anak yg usia kurang dari 2tahun, mau kemana-mana takut, tapiii kalau ke hotel sih bisa kalii ya karena tidak terlalu berinteraksi sama orang banyak, jadi familly time di hotel gitu, tapii dengan mengikuti protokol kesehatan pastiii semua aman 🙏🙏 semoga bumi kita lekas membaik jadii kita bisa liburan tanpa perlu khawatir 😇😇.. Makasih ya ko untuk artikelnya bisa nambahin ilmu dan wawasan kita ni.. Ig: @elfryevy

    Liked by 1 person

  29. Wow bener2 exicited banget baca artikel family blog nya ko James Y Wiyono sehat selalu ya sekeluarga…seneng banget dapet tips yang sangat bermanfaat banget untuk orang yang suka staycation di hotel hotel Bandung atau di kota lainnya jadi nambah ilmu dan wawasan, oh ya sedikit bercerita saya seorang ibu rumah tangga dengan satu orang anak selama wabah pandemi sekitar pertengahan bulan Maret memasuki wilayah Indonesia, kami sekeluarga sangat panik,takut, dan cemas karena terbersit dalam pikiran Corona ini benar- benar virus yang sangat berbahaya dan bisa mematikan. Makanya kami tidak berani keluar rumah kecuali untuk keperluan yang sangat mendadak. Saat pandemi mulai memakan korban dan ada yang positif terkena virus tersebut. Barulah pemerintah ancang ancang mengumumkan untuk stay home terus, wajib memakai masker dan di larang keluar rumah. Disitu selama berbulan2 lamanya kami sekeluarga dirumah terus kecuali suami masih masuk kerja karena tuntutan pekerjaan. Saya sebagai ibu rumah tangga benar benar sangat jenuh dan bosan dengan rutinitas selama dirumah ingin rasanya bisa berlibur walaupun setitik dengan menginap di hotel berbintang di salahsatu hotel favehypersquare ini. Kebetulan juga saya asli orang Bandung. Mudah2an ini rezeki kami sekeluarga bisa mendapatkan voucher menginapnya. Terima kasih Ko dan Favehotel sudah mengadakan giveaway ini…sukses dan jaya selalu ya. Dan yang terpenting selalu keep healthy, stay safe dan stayhome.

    IG : agnia.filanisa90

    Like

  30. Waw keren bgt tips ny bunda apalagi masih suka tkut” gt klo ngajak anak liburan , tp bagus bgt untuk d coba biar anak g merasa jenuh siapkan dlu peralatan perang bunda hehe biar kita jaga” yg penting bnyak berdoa jg y bun semoga pandemi ini cepat brlalu . Thank you bunda james
    @dewi_aisahh

    Liked by 1 person

  31. Halo,
    Thanks ya ko untuk tips nya, very helpful❤️

    Btw kalo lagi pandemi gni untuk playground yg berada di hotel suka di buka gak ya? Tips n trick nya gmn ya? Soalnya kan kalau bawa todler kesana pasti gatel banget pengen main, dikamar terus pasti rewel🤪🤪

    Oh iya, soal kamar yg minimal jangan di pakai satu hari, itu caranya gmn ya? Kan kalau pesen online, terus check in biasanya sudah langsung di siapkan. Apa harus nulis notes gt atau gmn?

    Thanks yaaaa – @reginaayuandini

    Liked by 1 person

    • Sejauh ini dr hotel yg kami inapi, playgroundnya pada ditutup.. kecuali pool masih buka tp dgn pembatasan jumlah yg renang dan waktu renang

      Pas check in kita minta langsung di lokasi ke staff FO, yg sdh tidak diinapi sehari lamanya.. tapi bbrp hotel otomatis menerapkannya, mungkin masih bisa diatur pemakaiannya, berhubung tingkat ocupancy hotel jg masih rendah

      Smoga menjawab.. thanks atas kunjungannya

      Like

  32. Keren banget jadi mau coba staycation meskipun sedang pandemin protokol tetap di jalankan ,kualitas hotel yang terjaimin kebershihannya cukup bener nyaman banget nih . @esmeraldasantika

    Liked by 1 person

  33. Menurut aku ini sangat menarik, tips staycation yang aman. Karena terkadang kita bingung mau berpergian dengan aman dan nyaman tapi gatau harus bagaimana.

    Terimakasiih 🙏

    Liked by 1 person

  34. Awalnya ragu untuk staycation saat pandemi gini,tapi setelah liat blog ini dan baca tips2nya jadi yakin deh untuk staycation bareng keluarga, terimakasih untuk informasinya yg sangat bermanfaat 👍

    IG : fitragautama

    Liked by 1 person

  35. Wah bener banget nih tipsnya, jadi kalau mau staycation pun kita jadi tenang dan bisa menikmati suasana walau memang terbatas ya…Tapi dengan staycation setidaknya rasa jenuh dirumah terus bisa sedikit teratasi.

    Liked by 1 person

  36. New normal kalau berenang di hotel aman ga sih??? Pengen banget ajak anak berenang, kalau di kolam umum serem, kl di hotel apakah aman?

    Liked by 1 person

    • Kami sudah pernah dua kali renang di hotel selama new normal, kuncinya ya jaga diri kak… Kalo rame ya sebaiknya dihindarkan.. Lalu yg pasti sesudah renang yah harus cepat2 bebersih diri..

      Buat kami mending renang di hotel drpd di tempat umum yah… Pertama di hotel protokol kesehatan lebih jelas, kedua biasanya ada pembatasan waktu dan jumlah yg renang.

      Like

  37. Yes bener banget. 7 tipsnya berguna banget buat kita kalau staycation di manapun.
    Tetep seru dan yg pasti tetep jaga kesehatan.
    Thank you buat 7tips nya.❤️

    Liked by 1 person

  38. Jadi terinspirasi setelah baca blog dan ig nya cici & koko nihh, krn aku juga punya 2 anak yang mana aku juga suka ajak staycation untuk ‘liburan’ selama pandemi ini..terima kasih!!🙏😘

    Liked by 1 person

  39. Stay ave selalu buat nginap dihotel,tpi di swissbell mantap banget,peraturan protokol kesehatannya sesuai bngt,aman nyaman bangt,makanannya sumpaaa gilsss gaada dua💛💛💛💛jadii pengen lagi nginaap di sanaaaaa

    Liked by 1 person

  40. mau tanya kalo kita staycation bersama keluarga disaat pandemi covid -19 apakah aman buat anak2 dan kita harus prepare apa aja buat keluarga untuk staycation di hotel

    Liked by 1 person

    • Ya kuncinya sdh dijelaskan pada artikel ini.. ada 7 tips yg kami sampaikan utk bikin staycation aman dan nyaman utk seluruh keluarga.

      Semoga menjawab. Thanks sdh berkunjung

      Like

  41. Sebelumnya saya ucapkan Terima kasih nih untuk tips tips staycation di tengah pandemi nya 😊 saya ada pertanyaan nih, menurut kakak aman ga sih kalau kita menggunakan fasilitas kolam renang yang ada di hotel di saat pandemi seperti ini? Secara kan kalau ajak anak2 ke hotel yang ada kolam renang nya bawaannya pingin berenang terus hehe… Kalau menurut kakak aman aman saja, share tips nya dong agar tetap aman berenang di hotel di saat pandemi seperti ini? Nama instagram saya : alicyadyah

    Liked by 1 person

    • Makasih kak uda berkunjung..

      Pengalaman kami staycation selama pandemi kami sdh dua kali renang. Jadi ya kami tetap liat situasi dan protokolnya. Kami berenang cuma waktu kondisi poolnya sepi.. selain itu dr pihak hotel jg membatasi jumlh pengguna dan waktunya..

      Tp mmg kuncinya jg pada diri kita sendiri. Sesudah berenang sgr membersihkan badan. Itu sih klo berdasar pengalaman kami kak.

      Semoga menjawab😊

      Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.