Wajah Baru Taman Tegallega, Bandung, dengan Sentuhan Lampion Park

Belum lama ini, baru saja dibuka satu taman publik teranyar di kota Bandung. Diresmikan sejak Mei 2019, taman ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu Taman Tegallega dan Lampion Park. Keduanya sedang nge-hits sampai-sampai postingan mengenai taman ini menembus rekor impression dan reposted terbanyak pada feeds Instagram kami.

15sw

06sw

Dulu dan Sekarang

Taman Tegallega sebetulnya sudah lama dikenal warga Bandung dan memang dari dulu sering dipakai untuk tempat berolah raga atau jalan-jalan sore. Tapi sekarang sesudah pemugarannya selesai, taman ini jadi lebih indah, bersih, dan teratur. Di Taman Tegallega juga berdiri monumen peringatan Bandung Lautan Api. Monumen yang jadi simbol perjuangan rakyat Bandung ini punya tinggi 45 meter dan sembilan sisi bidang.

03sw

Kedua taman ini beberapa tahun belakangan hanya bisa dilihat dari sisi jalan karena di sekelilingnya masih dipagari seng. Setelah dari tahun 2016 mengalami revitalisasi, taman yang dulunya penuh dengan pohon lebat tak terawat, bahkan dipakai untuk hal-hal mesum, sekarang sudah dibuka untuk kegiatan-kegiatan positif, seperti rekreasi keluarga dan berolahraga. Meski memang pada saat pembukaan, masih ada beberapa lokasi taman belum selesai diperbaiki, tapi ini sudah jauh lebih baik.

Lokasi Akses Masuk

Ada beberapa akses masuk Taman Tegallega dan Lampion Park. Pertama bisa melalui Jl. Moh. Toha yang satu pintu masuk dengan tempat masuk ke kolam renang Tegallega. Lalu via Jl. Otista atau bisa juga dari Jl. BKR. Hanya pintu masuk yang melalui Jl. BKR, parkirnya cuma untuk motor dan seperti parkir liar. Kami tidak merekomendasikannya karena menurut kabar suka dipungut mahal untuk biaya parkirannya, ya namanya juga parkir liar.

18sw

Kami sendiri lebih suka yang melalui Jl. Moh. Toha sebab selain paling dekat lokasi parkirnya dengan kedua taman, parkirannya juga teduh dan luas untuk mobil. Ditambah kalo pagi hari banyak pedagang berjualan, alias ada pasar kaget.. cocok nih buat para ibu-ibu.. hehehe..

Jam Buka dan Tiket

Lampion Park, Taman Tegallega buka dari jam 6.00 sampai 20.30 malam, dari hari Selasa sampai Minggu. Setiap hari Senin ditutup untuk dilakukan perawatan dan perbaikan.

05sw

Senin Tutup edit

Untuk masuk Lampion Park tiket masuknya sangat terjangkau, 1.000 perak saja! Waktu datang ke sana, kami sempat ragu saat mau masuk ke taman sebab memang tidak ada ticket box. Kami hanya temukan petugas yang menjaga pintu gerbang, itu pun tidak pakai seragam resmi. Jujur, kami pikir preman di sana… hehehe, maaf ya pak. Tapi ternyata mereka punya tiket resmi dari pemkot Bandung lhoo…

01sw

Kelengkapan Taman

Di dalam Lampion Park sendiri tentu yang paling banyak ditampilkan adalah binatang-binatang yang berbentuk lampion. Kebanyakan memang lampion binatang-binatang prasejarah, t-rex, dinosaurus, dll. Banyak spot selfie dan wefie yang bisa diambil oleh para pengunjung di taman, bahkan salah satunya bisa dipakai mejeng di dalam telor dinosaurus.

02sw

13sw

Lampion Park ini juga dilengkapi amphitheater yang bisa menampung ratusan orang, lokasinya di sisi jalan Jl. BKR. Sebetulnya masih ada perpustakaan yang berada di dalam bangunan kapal besar, tapi memang masih dalam tahap penyelesaian. Semoga bisa segera beres yah, supaya pengunjung lebih betah jalan-jalan dan main di sini.

16sw

Selain itu, di Taman Tegallega ini juga disediakan masjid yang menurut kabar bisa menampung sampai 300 orang. Sementara untuk mereka yang berolahraga ada jogging track ber-paving block yang nyaman dan bersih. Oh ya, yang kurang suka dengan olahraga jogging atau jalan kaki, bisa gabung dengan grup senam yang siapa pun bisa join. Si pengajar senam akan menyediakan kotak sumbangan dan teman-teman cukup memasukkan uang seikhlasnya.

05sw

04sw

06sw

Akhir kata Guys, jangan lewatkan jika sedang jalan-jalan ke Bandung mampir ke taman Tegallega. Pilihan wisata tamasya untuk keluarga sambil berolahraga ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain hemat dari segi biaya, taman wisata ini juga cocok bagi keluarga.

Taman Tegallega
Pertemuan Jl. Oto Iskandardinata – Jl. BKR – Jl. Moh. Toha
Bandung
Lampion Park
Hari Buka: Selasa – Minggu
Jam buka: 06.00-20.30

3 comments

  1. Dulu sering banget lari ke tegalega, trus udahnya jajan-jajan, dan belanja karena disana murah-murah. Seru sih ngisi weekend jadi lebih produktif

    Liked by 1 person

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.